Jumat, 26 September 2014

Menghafal Al - Qur'an

17.56 Posted by Riski Dwitiyan No comments
RUMUS DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN
Oleh : Riski Dwitiyan.



Al Qur’an merupakan pedoman dalam hidup bagi seluruh umat manusia. Menghafal Al Qur’an dibutuhkan ketulusan dalam hati agar dapat menjalaninya dengan ikhlas, senang hati, ridho, dan lancar. Menghafal dan mempelajari Al Qur’an adalah lebih baik dari pada kesenangan dunia. Maka mulai dari sekarang mari kita mulai untuk menghafal Al Qur’an dari surat – surat yang mudah di hafalankan ,misalnya ; juz 30 atau mulai dari 1 surat pendek atau 1 ayat. Agar menghafal Al Qur’an lebih lancar, berikut adalah rumus – rumus dalam menghafal al qur’an :


  1. Luruskan niat untuk menghafal Al Qur’an ,diniatkan demi mencari keridhoan dari ALLAH SWT bukan untuk tujuan dunia.
  2. Pelajari aturan – aturan dalam membaca Al Qur’an yang baik dan benar.
  3. Yakin bahwa kita bisa menghafal Al Qur’an yaitu dengan menjadikan hafalan sebagai kebiasaan sehati – hari. Usahakan agar menjadikan iman kita kuat, karena kita didepan al qur’an kitab suci yang paling benar dari kitab sebelum – sebelumnya ( Injil, Taurat, Zabur ).
  4. Memulai hafalan dengan menghafal 1 surat pendek ataupun 1 ayat atau juga ¼ juz dan memilih waktu yang tepat, yang paling utama adalah setelah shalat subuh dan shalat isya’.
  5. Menggulang hafalan yang telah dilakukan sebelum melanjutkan hafalan selanjutnya.


Lima point di atas adalah beberapa rumus dalam menghafal Al Qur’an yang bisa kita lakukan dengan mudah jika kita memang benar – benar berniat untuk menghafal Al Qur’an.

0 komentar:

Posting Komentar