Minggu, 05 Oktober 2014

RUMUS MENGHADAPI MASALAH

23.13 Posted by Riski Dwitiyan No comments


RUMUS TEPAT DALAM MENGHADAPI MASALAH
Oleh : Riski Dwitiyan


Sebagai manusia, makhluk hidup sosial kita memang saling membutuhkan terhadap sesama. Tak mungkin jika kita hidup di Bumi ciptaan ALLAH SWT yang kaya akan hasil alamnya ini, kita menjalaninya tanpa ujian – ujian atau masalah dari – Nya. Tapi ALLAH menguji kita dengan cobaan – cobaan yang ringan ataupun besar kepada kita karena ALLAH cinta dan sayang kepada kita. Maka beruntunglah bagi seseorang yang mendapat ujian dari – Nya. Yang paling penting adalah bagaimana sikap kita menghadapi semua itu. kita harus menjalaninya semua masalh yang dihadapi itu dengan cara – cara ,yaitu :

1. Bersabar

Memperbanyak sabar mungkin salah satu cara yang bisa kita lakukan dalam menghadapi masalah. Hal ini yang dibutuhkan ketika masalah datang tetapi kita harus sadar bahwa masalah harus dihadapi dengan sabar. Bersabar pertama akan membuat kita menderita ,tetapi lama kelamaan kita dapat bersahabat dengan masalah kemudian kita akan terbiasa dengan masalah dan membuat kita lebih siap dalam menghadapi masalah.

2. Tenang

Sikap tenang dalam menghadapi masalah itu sangat dibutuhkan oleh siapapun. Ketika kita menghadapi masalah dengan sikap tidak tenang justru akan menimbulkan atau mendatangkan masalah baru yang akan membuat masalah menjadi berlipat ganda atau lebih rumit. Ketika kita bersikap tenang ,maka masalah apapun yang kita hadapi bisa kita selesaikan walaupun kita tidak dapat menyelesaikannya secara tuntas. Tentu sikap tenang tidak datang dengan sendiri, tapi sikap tenang perlu dilatih dengan sikap tidak takut ketika kita menghadapi masalah, dengan adanya masalah dapat membuat kita menjadi pribadi yang tenang.


3. Berdoa.

 Berdoa adalah hal yang akan membuat kita menjadi sabar dan tenang. Berdoa bukan hanya sekedar meminta atau memohon kepada ALLAH SWT untuk memenuhi keinginan kita. Tetapi berdoa ketika menghadapi masalah ,maka secara tidak langsung akan menimbulkan energi positif pada diri kita. Misalkan kita menghadapi masalah dengan dendam maka hal itu akan menimbulkan energi negatif karena sama saja negatif bertemu negatif maka hasilnya akan lebih negatif. Hal ini akan membuat masalah lebih bertambah.


Terkadang kita tidak tau di depan kita ada jurang atau jalan mendaki, kalau kita jatuh ke jurang maka kita harus berusaha naik ke atas dan jika kita melewati jalan mendaki maka berusahalah untuk mendaki jalan tersebut.




0 komentar:

Posting Komentar